Cara Mencetak Laporan ke Printer dengan Program PHP

Cara Mencetak Laporan ke Printer dengan Program PHP

Apabila anda sering membuat aplikasi web menggunakan PHP, mungkin pernah menemui kendala dalam mencetak laporan ke printer. Masalah yang muncul pada saat ingin mencetak laporan atau invoice dari browser (karena PHP berjalan di browser) ke printer antara lain adalah:
  • Muncul default header/footer yang mengganggu tampilan di cetakan.
  • Tidak bisa memposisikan cetakan dengan akurat.
  • Laporan yang panjang menjadi terpotong-potong tanpa kepala laporan.
  • Tidak bisa mendeteksi penggantian halaman.
Untuk mengatasi masalah mencetak printer dengan PHP, caranya adalah dengan mencetak laporan atau invoice ke file .PDF terlebih dahulu dengan setting yang kita inginkan. Setelah itu pengguna bisa mencetaknya di printernya.
Di Internet ada tersedia berbagai macam library untuk membuat file .PDF langsung dari PHP. Salah satunya adalah library HTML2PDF dari website: http://html2pdf.fr/en/default
Konversi HTML ke PDF mengguanakan PHP
Kemampuan dari HTML2PDF ini adalah bisa menentukan ukuran kertas, menentukan orientasi kertas (Potrait/Landscape), mengkonversi kode HTML menjadi file .PDF, mendeteksi penggantian halaman otomatis, membuat header/footer laporan, menampilkan gambar atau foto dan bisa membuat barcode.

 Contoh Program Mencetak dengan PHP dan HTML2PDF

Cara membuat program mencetak menggunakan PHP

Library HTML2PDF bisa didownload gratis dan di dalamnya sudah disediakan bermacam-macam cara mencetak laporan, invoice, tiket, mencetak barcode, dsb. Kalau program contoh masih kurang jelas, silahkan baca halaman panduan nya di halaman http://html2pdf.fr/en/wiki.

Sumber: Blog. Apenta

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mencetak Laporan ke Printer dengan Program PHP"

Posting Komentar